Minggu, 28 September 2014

Tari Musyoh Adalah Tarian Tradisional Papua

Tarian Tradisional Indonesia - Tiap-tiap daerah yang mempunyai kebudayaan yang masih kuat memiliki unsur kesenian serta nilai-nilai kebudayaan yang sangat unik. Sama halnya dengan di daerah irian/papua. Di sana ada ratusan suku yang mendiami tanah papua dan juga memilki kesenian yang berbagai macam pula. Satu diantara kesenian dari papua yaitu tari Musyo.

Tari Musyoh

Tari Musyoh Papua


Menurut beberapa sumber tari Musyoh merupakan tari sakral yang berbentuk ritual dalam upaya mengusir arwah orang meninggal lantaran kecelakaan. Tarian ini umumnya di tarikan saat ada seseorang dari warga suku papua yang meninggal lantaran kecelakan dan dipercaya bahwa arwahnya itu tidak tenang. Hingga dengan dilaksanakan tarian ini maka akan membuat arwah orang tersebut dapat tenang.

Tari Musyoh

Tari Musyoh, Sedangkan Tari Selamat Datang yaitu tarian yang diiringi dengan musik ritmis dengan pola gerak tari dinamis yang menunjukkan keceriaan hati masyarakat dalam menyongsong tamu yang dihormati. Tari ini menampilkan beberapa kelompok penari pria dengan baju adat papua lengkap dengan tameng dan tombaknya.

Tarian ini hampir menyerupai seperti tarian perang, di mana gerakan yang energik terlihat dalam memainkan tameng serta tombak, kadang-kadang diiringi nada teriakan yang khas. Itulah menjadi gerakan khas dalam tarian tersebut.

Blog ini kami buat secara khusus sebagai dokumentasi dengan tujuan mempermudah bagi Anda yang ingin mengenal Lebih jauh mengenai Tarian, Seluruh grafis diambil dari sumber yang berbeda, Jika ada Gambar atau artikel yang menyinggung atau di bawah Hak Cipta Anda maka silakan E-mail kami pada halaman Contact, Dalam 1x24 jam artikel/gambar akan kami hapus. Terima Kasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tari Musyoh Adalah Tarian Tradisional Papua

1 komentar:

  1. inilah salah satu potret keaneragaman kebudayaan negaraku..., MAJULAH INDONESIAKU.....

    BalasHapus

..::Terima Kasih Atas Kunjungannya::..
Silahkan tinggalkan komentar Anda segala bentuk kritik dan saran kami harapkan dari pembaca sekalian..!!!
Komentarlah dengan kata-kata yang sopan and NO SPAM..!!!
Thanks.